MOTIVATION LETTER

 

Halo kalian teman pembaca!! Perkenalkan nama saya Elkana Haryoso. Saya adalah mahasiswa baru program studi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian ,Universitas Brawijaya Angkatan 2020. Dalam tugas  PKKMB Raja Brawijaya ini, saya  membuat motivation letter yang berisi tentang pemahaman, penerimaan, dan cara menyayangi diri sendiri.


    Saya sebanarnya adalah satu diantara 7 Milyar umat yang kadang sulit menerima diri gua sendiri. Saya adalah orang yang introvert, pendiam,sadboi hehehe…,suka menyendiri,suka canggung kalau ketemu orang yang baru secara face to face, dan kebanyakan orang termasuk orang tua saya sendiri sering bilang kalau saya orangnya kaku. Selain itu saya orangnya suka tidak pede apalagi dengan tubuh saya yang gemuk ini dan sulit memahami diri saya sendiri. Saya sering sekali sulit untuk memahami dan menerima diri saya sendiri. Tapi seringkali saya memberikan bantuan berupa motivasi  kepada orang.……. Tetapi saya sendri merasakan kesulitan untuk memahami diri saya sendiri 😊. Kenapa bisa ya?? Saya juga kadang bingung kenapa bisa,  bahkan saya sering memberikan motivasi kepada teman atau bahkan keluarga saya  dan berbagai macam kata atau bahkan quotes disaat teman  saya datang ke saya buat curhat atau cerita, kemudian mendengarkan keluhan mereka. Tapi saya sendiri sering sulit untuk mendengarkan kata hati dan perasaan saya, padahal hati dan perasaan saya  juga ingin didengar,diperhatikan, diajak berbicara, sama seperti orang-orang yang datang ke saya  untuk bercerita. Tapi seiring berjalannya waktu, saya saudah mulai memahami dan menerima diri saya sendiri dengan berbagai cara. Dengan memahami dan menerima serta menyayangi diri saya sendri, saya dapat mengetahui apa yang saya perlukan untuk diri saya sendiri, kemudian dengan itu semua saya telah merawat,menerima, dan mngembangkan diri saya secara optimal.

Hai para pembaca!!! Oleh karena itu, mari kita memahami dan mencitai diri kita sendiri, dengan mencintai diri kita sendiri berarti kita menerima,merawat, dan mengembangkan diri secara optimal.Kita bisa memulainya dengan mengucap syukur atas diri kita sendiri, walaupun kadang kita merasa bahwa diri kita berbeda dengan orang lain. Kemudia kita juga harus menghargai diri kita sendiri dengan mengapresiasi diri kita. Dengan mengucap syukur dan menghargai diri kita sendiri juga berarti kita juga sudah bersyukur karena kita diciptakan dan hadir di dunia ini oleh Yang Maha Esa. Berikut adalah tips yang bisa diterapkan untuk mencintai diri kita sendiri.

 “Seringkali orang salah mengerti tentang mencintai diri sendiri. Mencintai diri sendiri adalah bukanlah narsisme. Mencintai diri berarti menerima, merawat, dan mengembangkan diri secara optimal. Apabila hidup kita berkembang dengan baik, maka kitaa bisa memberikan kontribusi pada hidup orang lain”( Frederick Buechner).

  Dibawah ini ada beberapa tips untuk memahami, menerima, dan menyayangi diri ita dari beberapa web yang telah saya abaca dan kadang saya juga mempraktekkan. Berikut tips-tipsnya :

1.    Memahami Kebutuhan Diri Sendiri

Menurut seorang terapis dari  PsychCentral, Julie Hanks, kita harus memulai bersahabat dengan diri kita sendiri dengan memerhatikan kebutuhan fisik ,rohani, dan mental.Mislnya, dengan mendapatkan tidur cukup 7-8 jam setiap malam, menjaga Kesehatan dengan makan-makanan bergizi,berolahraga,dan membaca renungan atau tausiah. Selain itu harus memerhatikan aktivitas yang membuat perasaan bahagia dan senang

 2.    Menerima Diri Sendiri

Kita harus memulai untuk menerima diri kita sendiri denga napa adanya dengan segala kekurangan dan kelebihan yang kita miliki. Rasa percaya diri akan muncul ketika kita memiliki pandangan yang baik terhadap kepribadian diri. Ingatkan bahwa keindahan yang sebenarnya tidak terlihat dari penampilan luar saja. Ketika kita merasa nyaman dengan diri sendiri, kita akan percaya diri dan berpikir bahwa cantik tidak berkaitan dengan paras yang elok atau tubuh seperti supermodel, namun berkaitan dengan hati dan pikiran.

 "Hal yang paling menakutkan adalah menerima diri sendiri sepenuhnya “- Carl Jung

 3.    Bergaul Dengan Orang-Orang Yang Positif

Salah satu cara menjalin hubungan dengan diri sendiri yang baik dan sehat adalah mengelilingi diri sendiri dengan orang-orang yang menyayangi kita. Berkumpul dengan orang-orang yang positif, penyanyang dan penuh cinta, bisa menjadi sebuah keuntungan. Kita bisa terbawa suasana dan kebiasaan yang positif. Hal ini bisa membuat kita jadi lebih baik.

 4.    Terima Rasa Sakit dan Memaafkan Diri Anda Sendiri

Terima dan hadapi masalah yang ada, jika kamu bisa mengatasinya, beri apresiasi pada dirimu sendiri karena telah berhasil menjadi kuat melewatinya. Cobalah perlahan melupakan memori buruk yang ada di masa lalu dan maafkan hal-hal bodoh yang telah dilakukan.

 "Kasihanilah dirimu sendiri." - Jack Kornfield

 5.    Beri Diri Anda Cinta dan Rasa Hormat

Mencintai diri sendiri adalah tentang penerimaan diri, penguasaan diri dan rasa hormat kepada diri sendiri. Hal inilah yang akan menjadi kekuatan dalam melangkah dan menjalani hidup yang bahagia.Sebelum anda memberikan cinta kepada pasangan anda, ada baiknya anda memberikan cinta kepada diri anda sendiri

 "Cintai dirimu sendiri. Cintai dunia. Tidak ada kekuatan yang lebih kuat dari cinta." - Deepak Chopra

 6.    Mengucap Syukur

Dengan kita mengucap syukur, kita mudah untuk menerima kekurangan dan kelebihan yang kita miliki.

 "Orang yang bersyukur selalu menghiasi wajah mereka dengan senyuman."

Hai Kawan!! Yuk mulai dari sekarang kita harus belajar cara memahami, menerima, dan menyayangi diri kita sendiri. Dengan begitu kita dapat menjalankan kehidupan yang kadang menyakitkan bagi kita. Memang hidup itu kadang sulit untuk ditebak.Mari kita awali dengan menolong diri kita sendiri, kalau bukan kita siapa lagi?

 

Love yourself, let yourself grow

 

 

 

 


Comments

Popular posts from this blog

MENTAL HEALTH GENERASI Z SAAT PANDEMI